Pada materi menulis puisi, peserta
didik dapat mengetahui langkah-langkah yang harus ditempuh
dalam menulis puisi. Langkah-langkah
menulis puisi yaitu: Menentukan ide, memasukkan imajinasi, tema yang tepat,
buat judul yang menarik, menggunakan kata-kata indah, buat lirik yang menarik,
perwajahan atau tipografi, dan penggunaan majas.
Langkah-langkah
tersebut dilakukan untuk mengikuti
tahapan
dalam
suatu proses dan akan mengeksplorasi menulis puisi. Menulis puisi salah satu materi
pelajaran bahasa
Indonesia pada kelas VIII. Menulis puisi merupakan teks yang mengutamakan pilihan kata.
Hasil pengamatan terhadap
sumber belajar untuk pembelajaran menulis puisi khususnya, menunjukkan bahwa peserta didik masih banyak mengalami kesulitan dalam memahami materi dan memproduksi menulis puisi. Hasil ini juga didukung
dengan hasil wawancara dengan guru yang menjelaskan bahwa menulis puisi merupakan
salah satu materi yang sulit dikuasai oleh peserta didik. Selanjutnya guru menambahkan bahwa proses pembelajaran
selama ini masih menggunakan sumber utama yaitu buku ajar yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kondisi ini
tentu menjadikan proses pembelajaran menjadi kurang bervariasi dan kurang menarik, padahal sesungguhnya pembelajaran tentang teks dapat dilakukan
dengan cara lebih menyenangkan dengan variasi belajar dan pemanfaatan media yang lebih optimal.
Dengan melihat dan memperhatikan kondisi tersebut maka peneliti
tertarik untuk melakukan sebuah inovasi dalam
pembelajaran yaitu dengan mengembangkan
multimedia interaktif yang berisi tentang materi menulis puisi dengan
rancangan lebih interaktif dan menggunakan bahasa
yang lebih mudah dipahami oleh peserta didik.
Media Website ini diharapkan mampu memenuhi kriteria sebagai berikut:
1. Media
pembelajaran
berupa
multimedia interaktif yang dapat
diakses kapan saja secara online dan dapat diakses oleh semua pihak terutama
peserta didik yang sedang mempelajari kompetensi dasar menulis
puisi.
2. Jenis-jenis yang disajikan dalam media pembelajaran ini hanya dibatasi pada media berupa program
HTML.
3. Produk ini dapat memudahkan peserta didik baik belajar di dalam kelas, Iuar
kelas, ataupun secara
mandiri kapan pun dan dimana pun melalui smart phone, laptop,
atau juga perangkat computer melalui
aplikasi
browser yang ada seperti
UC Browser,
Google
Chrome,
Mozilla,
Opera, atau lain sejenisnya.
4. Produk yang dikembangkan memenuhi aspek sebagai
berikut.
a) Media pembelajran mudah digunakan oleh peserta didik.
b) Media pembelajran berisi bahan ajar yang
dapat menunjang pembelajaran menulis teks puisi
baik melalui lisan maupun tulisan.
c) Media
pembelajaran dapat menyajikan bahan ajar secara sistematis, mudah
dan menyenangkan.
d)
Media pembelajaran memuat
soal-soal evaluasi secara online dan mampu menampilkan hasil akhir setelah peserta
didik menyelesaikannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar