Identitas Media

Pada  materi menulis puisi, peserta   didik  dapat  mengetahui langkah-langkah   yang harus ditempuh dalam menulis puisi. Langkah-langkah menulis puisi yaitu: Menentukan ide, memasukkan imajinasi, tema yang tepat, buat judul yang menarik, menggunakan kata-kata indah, buat lirik yang menarik, perwajahan atau tipografi, dan penggunaan majas.

 Langkah-langkah  tersebut  dilakukan  untuk  mengikuti  tahapan  dalam suatu proses  dan  akan  mengeksplorasi  menulis puisi.  Menulis puisi salah  satu materi  pelajaran  bahasa  Indonesia pada kelas VIII. Menulis puisi merupakan teks yang mengutamakan pilihan kata.

Hasil pengamatan terhadap sumber belajar untuk pembelajaran menulis puisi khususnya, menunjukkan bahwa peserta didik masih banyak mengalami kesulitan dalam memahami materi dan memproduksi menulis puisi. Hasil ini juga didukung dengan hasil wawancara dengan guru yang menjelaskan bahwa menulis puisi merupakan  salah satu materi yang sulit dikuasai oleh peserta didik. Selanjutnya guru menambahkan bahwa proses  pembelajaran selama ini masih menggunakan sumber utama yaitu buku ajar yang  diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kondisi ini tentu menjadikan proses pembelajaran menjadi kurang bervariasi dan kurang menarik, padahal sesungguhnya pembelajaran tentang teks dapat dilakukan dengan cara lebih menyenangkan dengan variasi belajar dan pemanfaatan media yang lebih optimal. Dengan melihat dan memperhatikan kondisi tersebut maka peneliti tertarik untuk  melakukan sebuah inovasi dalam pembelajaran yaitu dengan mengembangkan multimedia interaktif yang berisi tentang materi menulis puisi dengan rancangan lebih interaktif dan menggunakan bahasa  yang lebih mudah dipahami oleh peserta didik.

Media Website ini diharapkan mampu memenuhi kriteria sebagai berikut:

1. Media  pembelajaran  berupa  multimedia interaktif   yang  dapat  diakses  kapan  saja secara online dan dapat diakses oleh semua pihak terutama peserta didik yang sedang mempelajari kompetensi dasar menulis puisi.

2.   Jenis-jenis yang disajikan dalam media pembelajaran ini hanya dibatasi pada media berupa program HTML.

3.   Produk ini dapat memudahkan peserta didik baik belajar di dalam kelas, Iuar kelas, ataupun secara mandiri kapan pun dan dimana pun melalui smart phone,    laptop,  atau juga  perangkat  computer  melalui  aplikasi browser yang  ada  seperti  UC  Browser,  Google  Chrome,  Mozilla, Opera, atau lain sejenisnya.

4.  Produk yang dikembangkan memenuhi aspek sebagai  berikut.

a)   Media pembelajran mudah digunakan oleh peserta didik.

b) Media pembelajran berisi bahan ajar yang dapat menunjang pembelajaran menulis teks puisi baik melalui lisan maupun tulisan.

c)  Media pembelajaran dapat menyajikan bahan ajar secara sistematis, mudah dan menyenangkan.

d)   Media  pembelajaran   memuat   soal-soal  evaluasi   secara  online  dan mampu    menampilkan hasil akhir setelah peserta didik menyelesaikannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar